Sabar Dan Ikhlas adalah Obat Terbaik [Perjuangan Program Hamil Bayi Tabung] [Bagian 5]

Picture : pixabay.com


Semua begitu indah ketika saya dinyatakan hamil oleh Dokter Aucky pada tanggal 7 September 2019. Rasannya pengen nangis kenceng, tapi saya tahan karena saya dan suami berada di ruang dokter. Gak mau ah nanti terkesan norak heheee..

Hari itu sabtu tanggal 7 september hari yang ditunggu-tunggu karena pengumuman itu akan datang langsung dari Allah melalui informasi Dokter Aucky. Dari kemarin saya dan ibu mertua tidak tenang dengan hasil yang akan terima siang ini. Ini benar-benar penantian yang sangat lama. 

Paginya saya di ambil darah untuk di cek ekstradiolnya apakah naik ?
Kalau naik berarti saya sukses hamil. Kadar ini sangat penting untuk ibu hamil, untuk mengetahui positif tidaknya hormon itu men-support si junior dalam rahim. Menurut info kadar seseorang minimal dinyatakan hamil itu 30. Dan 100 di angka aman untuk dinyatakan hamil.


Baca Juga :
Yang tadinya saya tenang kok makin lama makin gak karuan ya perasaan ini. Waktu dari pagi ke siang kok lama banget ya. Diperlukan waktu 2 jam untuk mendapatkan hasil dari tes darah tadi pagi.
Ok saya, suami dan ibu ayah mertua kembali lagi ke kosan daripada mengunggu kelamaan di Ferina.

Picture : pixabay.com


Menanti sekian jam seperti menanti berabad-abad.
Siangnya kami kembali lagi, dan akhirnya tiba no antrian saya dan suami yang di panggil ke ruangan dokter. Setelah masuk belum juga selesai menutup pintu ruang dokter, kami langsung dikabari "Bagus ini hasilnya, ya Hamil". Ya allah gimana ya, bingung mau nangis tapi malu.
"HCG nya 468 ya, indikasi bisa kembar ini".. hati semakin gak menentu ya allah... sayangnya gak bisa jejingkrakan bilang YESS!! di sisi lain suami tetep sok cool denger kabar itu. Tapi saya, sangat menahan emosi kebahagiaan untuk bisa meluapkannya. 

Setelah keluar ruang dokter, tentu saja saya tidak bisa menahan air mata ini, air mata kebahagiaan ya Allah terima kasih, telah melancarkan semua proses ini, terima kasih ya allah, Alhamdulilah..
Ibu mertua pun juga langsung menangis bahagia, dan langsung mengabari seluruh keluarga, mereka semuapun ikut menangis bahagia. 


Kunjungi juga channel youtube saya
👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

Video : Youtube/ Channel Anita


Pesta makan-makanpun langsung di adakan malamnya, tante yang juga berprofesi sebagai dokter spesialis kandungan juga ikut turut berbahagia dan membuat acara ini dengan mengundang seluruh keluarga untuk berpartisipasi dalam acara syukuran atas pengumuman yang membahagiakan ini.

Semua ikut senang dan saya pun merasa sangat bahagia atas semua berkah dari Allah ini, dikelilingi oleh orang-orang yang sayang dan perduli. Alhamudlilah...
Di sanapun terselip doa "semoga gak 3 ya nita, kasian nanti mamanya dan resikonya pun tinggi kalau jadi semua.".

Ya memang Dokter Aucky dan team telah mengambil keputusan kemarin itu yang di tanam waktu ET adalah 3 embrio. Mereka sudah menilai dari berbagai macam aspek (usia, hormon, kondisi tubuh dll). Saya pun sudah percaya sama ahlinya, semoga Allah memudahkan dan melancarkan setiap tindakan para ahli ini, aamiin. Tingkat keberhasilan dari 3 embrio sebanyak 10%, kalau 2 embrio 40% dan kalau 1 embrio yang bertahan hidup dan berkembang sebanyak 60%.

Tidak ada firasat apapun dan semua berjalan normal. Setelah pengumuman saya masih di kosan Graha 100 kurang lebih 10 harian dari tanggal pengumuman. Lalu 4 atau 5 hari sebelum masa inap habis (karena saya hanya sewa sebulan saja), dan ibu mertua sudah mengajak pulang ke rumah gresik agar saya juga dapat udara segar dan lebih leluasa bergerak kalau dirumah.

Tidak ada yang aneh dan semua oke sampai saya merasakan keram di bagian bawah perut, mulai dari ringan dan lebih dari ringan. Ketakutan menghampiri, mulai dari merasa keram yang membuat saya bingung. Saya tanya temen yang juga seperjuangan tapi dia tidak merasakan keram apapun cuma sesekali mual saja keluhannya. Lalu selanjutnya tidak adanya mual yang berarti atau bisa dibilang rasa mual hanya sesekali saja. Tapi ketika saya tanyakan teman lagi, ada orang yang memang mualnya tidak ada, atau bisa dibilang hamil kebo dan ada yang mula muntah yang parah. Memang yang lebih enak kalau hamil kebo sang ibu bisa makan enak tanpa pusing sama mual dan muntahnya. Oh oke, bagus berarti gak usah di takutin, karna gak semua ibu hamil itu mual muntah parah, karena sebelumnya saya baca artikel kalau tidak ada mual muntah berarti kadar HCGnya berkurang nah itu berbahaya. Ah yaudhlah yang penting Jangan Ada Flek!! karena itu sangat-sangat tidak diperbolehkan untuk orang yang sedang hamil muda.

Dan terjadilah kejadian lagi yang terulang, keram itu menghampiri lagi. Kali ini di tengah malam yang membuat saya beberapa kali terbangun karna perut yang merasakan keram yang berkali-kali. Tidur saya benar-benar tidak nyenyak karena berkali-kali bangun. Kalau bisa dibilang saya mengalami kontraksi ya kontraksi di rahim.

Pagi hari saya sempet bingung karena seperti ada warna coklat, warna yang mengawali biasanya kalau mau haid. "Hah ini apa", bingung dan terus kepikiran dan coba-coba cari info di internet.

Sempet inget juga dapet cerita kalau ada orang Banjar yang mengalami pendarahan tapi dia kekeuh gak mau di kuret, padahal dokter sudah menyuruh di kuret. Dia gak mau dan nekat pulang ke Banjar. Pendarahan hebat itu ternyata untuk satu janinnya yang gugur, sedangkan 1 janin lainnya berhasil hidup dan sekarang berusia 3 bulan. Ya Allah, kuasamu begitu hebat.

Picture : pixabay.com


Pagi menuju siang hari seperti biasa saya menonton tv dan cuma duduk-duduk santai. Merasa ada yang kaluar, lalu dengan sergep saya ke kamar mandi. Dan............................
Ya ada darah keluar di pantyliner saya, ya allah apa ini. Panik bingung, sayapun langsung telp rumah sakit, untuk ketemu dokter.

Sore itu juga saya baru bisa ketemu dokternya. saya di usg perut dan karena kantung  janinnya belum keliatan akhirnya di cek dari bawah (transvaginal), dokter masih belum bisa liat kantung janinnya. Tapi memang belum saatnya kantung janin ini ada, karena masih 7 hari lagi dijadwalkan ceknya.

Ya allah, apakah saya banyak melakukan kesalahan?
Semua hal yang saya pikir wajar saya jadikan tersangka satu per satu. Pikiran gak karuan jadinya.
Tapi diluar sana orang pun melakukannya. Memakan pedas sesekali dengan porsi yang sangat sedikit, pipis jongkok, apalagi ? makan mangga, sayur asem yang tidak begitu asem.

Ah sudahlah,,,,
ketika kluar rumah sakit pun saya sudah punya feeling gak enak kalau akan hilang semuanya.
Sayapun sempet bilang dengan gak karuannya pikiran ini "tidak adakah yang bertahan 1 pun"
Semua pikiran negatif bermunculan satu per satu. 
Di mobil menuju pulang ke rumah (karena sudah gak ngekos lagi) pun saya tidak bisa menahan lagi emosi kesedihan ini. Karena feeling saya udah gak enak.

Di saat pengecekan tadi dalam dokter bilang gak bisa nemuin kantung janinnya, lalu untuk memastikan apakah masih oke semuanya kita cek dluu aja ya. Lalu suster pun bantu tes darah lagi dan diberikan penguat dulu, semoga gak knp2..

Saya cek di tolilet darah masih saja keluar..
ya allah bagaimana ini..

Saya cuma berfikir kalau knp-knp paling tidak satu dong bertahan..
kalian kan di masukan tiga, hayuk dong.. please...

Seperti janjinya 2 jam setelah cek darah dokter akan ngabarin via telp. Dan benar 2 jam setelah itu, saya di telpnya. Dengan berat hati dokter mengabarkan HCG saya turun drastis menjadi 11, its mean saya sudah dinyatakan tidak hamil, ya saya benar-benar kehilangan mereka. Astagfiruloh..
ampuni aku ya allah... berat banget menerima ini ya allah...
please forgive me... maafin mama nak, gak bisa jaga kalian, sampe ini semua terjadi..
Malam ini menjadi malam yang sangat berat buat saya dan semuanya..

Habis terbang tinggi lalu jatuh sejatuh jatuhnya ke jurang yang dalam itu sangat gak enak ya rasanya. Sangat-sangat gak enak.

Benar-benar saya mesti instropeksi diri sepertinya. Mungkin saya terlalu sombong atau kufur nikmat.
Entahlah semua perasaan ini sangat tidak enak saya rasakan. Saya sudah menghasilkan banyak telur saat OPU, mendapatkan embrio kualitas bagus juga dan lumayan banyak  jumlahnya dibanding teman-teman kenalan saya lainnya, 3 di tanam dan 3 di freeze. Dan sekarang mengalami kegagalan ini. Berat ya Allah..

Mereka semua yang dengan keterbatasan embrio dan tidak ada tabungan yang di freeze, alhamdulilah yang berhasil. Ada yang di tanam 2 dan yang jadi 1. Ada juga yang di tanam 3 dan yang jadi pun 1.
Bersyukurlah...

Saat perdarahan, saat disuruh bedrest yang ada di dalam pikiran saya adalah pengharapan kalau-kalau ada yang selamat 1 atau 2. Dan jika habis memang semua atau gugur. Saya masih punya tabungan yang di simpan itu. ah tapi sudahlah, harapan tinggal harapan..


Baca Juga :


life must goes on..
Saya memang sedih, jatuh dan terpuruk.
Tapi saya mesti bangkit untuk mereka  yang sedang menanti untuk di tanam.
Dan tetap optimis Allah pasti akan kasih yang terbaik untuk saya dan suami.

Setelah evaluasi akhir pengecekan rahim untuk melihat kondisi rahim pasca pendarahan.
Dikatakan dokter, saya baru bisa lakukan proses lagi untuk tanam, minimal 3 bulan atau 3x siklus.
Itu adalah waktu tercepat, jika lebih dari waktu itu ya monggo..

Sebelumnya saya memang memompa sikap dan pikiran optimis bahwa ini semua akan lancar, aman, dimudahkan dan berhasil.
Tapi saya mungkin lupa, yang memiliki hasil adalah Allah, semua hak preogatif Allah.
Manusia hanya bisa berusaha dan berdoa tapi Allah lah yang punya keputusan.

Picture : unsplash.com/ Gabriel Sanchez



Ada siang dan malam,
Ada hidup dan mati,
maka segala sesuatu yang di usahakan ada sukses dan gagal.

Saat ini hanya bisa ikhlas dan optimis bahhwa Allah pasti akan berikan yang terbaik setelah ini, yakin itu akan terajadi dan ini semua memang yang terbaik.
Sulit di pikir nalar ya memang tapi memang ini semua sudah terjadi.

Dokter pun tidak bisa dengan gamblang mengatakan semua ini karena apa ?
"ya karena faktor x bu, ada orang habis pengumuman dia malah jalan-jalan ke mall tapi gpp, ada orang bepergian kemana-mana gpp, makan ini itu gpp. Ini bukan salah ibu.

Ada faktor-faktor yang membuat keguguran di 3 bulan pertama terjadi :


1. Ada Tokso, Torch atau sejenisnya, tapi ini sepertinya enggak. Karena sebelum semua proses ini dimulai kan bu dicek skrining seluruhnya (suami istri),
2  Ada Miom, Kista. enggak juga ibu sudah di USG dan clear hasilnya,
3. Kecapean, toh ibu enggak kemana-mana. jadi itu juga tidak,
4. Salah makan, ibu gak makan makanan yang di larang, jadi itu jg tidak,
5. Jadi ini adalah faktor x, bisa karena kelainan kromosom, pertumbuhan yang gak sempurna dari ketiganya, Tapi semua kembalikan ke Tuhan saja bu.."

Dokter mona dengan sabar, memberikan penjelasannya ini disaat saya dan ibu mertua merasa seperti di sambar gledek di siang hari saat di infokan sebelumnya kalau semua sudah habis.


Kunjungi juga channel youtube saya
👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

Video : Youtube/ Channel Anita



Cerita dari sesama pasien batab saat ibu mertua di ruang tunggu kasir dan saya sedang di kamar setelah ET, Ada orang yang sedang hamil di 3 bulan pertamanya kecelakaan mobil terjun ke jurang 10 meter tapi kandungannya gpp, dia cuma mengalami patah tulang di tangan saja. Masya allah ini benar-benar kuasa allah.

Ketika konsul trakhir ke Dokter Aucky pun, dia merasa aneh karena semua hasilnya sebelumnya bagus semua. Dan kembali kita pun tanyakan sebenarnya apa penyebab itu terjadi sih dok ?

Dan menurutnya adalah kondisi hormon yang tidak stabil di dalam tubuh, karena kalau perubahan hormon itu saat di dalam tubuh kita tidak bisa meng-handlenya.

Saat pulang kembali ke rumah depok pun saya kadang masih kepikiran untuk semua yang saya lalui selama 2 bulan trakhir di Surabaya dan Gresik.
Mereka pernah ada di rahim ini untuk umur kehamilan 7 minggu, dan kemudian mereka pergi.
Ya yang saya lakukan adalah harus ikhlas..

Ya kembali lagi ke Allah, semua kalau belum saatnya memang akan ada saja yang terjadi.
Allah belum meridhoi jalan kita saat ini memiliki momongan.
Tetep ikhlas, sabar dan optimis untuk kedepannya.

Bungkus permennya sudah kuterima dengan baik ya Allah,
dan aku siap menerima isinya yang sangat manis tersebut.
Alhamdulilah..

Goodbye my kids, goodbye ferina for this moment.
see u next time in good way.

Insya Allah dalam waktu dekat kami akan melanjutkan perjuangan dengan program selanjutnya FET (Frozen Embryo Transfer), setelah 3x siklus setelah keguguran kemarin.
Mohon doanya, semoga allah benar-benar mengamanahkan ke kami anak yang soleh dan solehah, aamiin..


Baca Juga :
Wisata Pantai Sambolo 2, Cocok Untuk Rekreasi Plus Quality Time Bareng Keluarga - Low Budget Pula!!



Kisah ini mungkin bisa menjadi pengingat kita kalau dikasih ujian sama Allah hendaknya benar-benar tulus ikhlas mengucapkan Syukur Alhamdulilah. Meskipun dengan cara yang tidak enak sekalipun Allah selalu memberikan keberkahan pada umatnya.


Ada seorang tukang TAHU... Setiap hari ia menjual dagangannya ke pasar. Untuk sampai ke pasar, ia harus naik angkot langganannya.

Dan untuk sampai ke jalan raya, ia harus melewati pematang sawah.

Setiap pagi ia selalu berdoa kepada Allah agar dagangannya laris.

Begitulah setiap hari, sebelum berangkat berdoa terlebih dahulu dan pulang sore hari. Dagangannya selalu laris manis...

Suatu hari, ketika ia melewati sawah menuju jalan raya utk naik angkot langganannya, entah kenapa tiba2 ia terpeleset kecemplung sawah...
Semua dagangannya jatuh ke sawah, hancur berantakan! Jangankan untung, modal pun buntung!
Mengeluh ia kepada Allah, bahkan "menyalahkan" Alloh, mengapa ia diberi cobaan seperti ini ? Padahal ia selalu berdo'a setiap pagi.

Akhirnya ia pun pulang tidak jadi berdagang.

Tapi dua jam kemudian ia mendengar kabar, bahwa angkot langganannya yg setiap hari ia naiki, pagi itu jatuh ke dalam jurang. Semua penumpangnya tewas! Hanya ia satu2nya calon penumpang yg selamat, "gara- gara" tahu nya jatuh ke sawah, sehingga ia tidak jadi berdagang dan membawa pulang tahu-tahunya yg sdh remek tadi.

sorenya ada seorg peternak bebek mencari dia dan hendak membeli tahu utk makanan bebek namun anehnya peternak bebek itu mencari tahu yg rusak/hancur krn hanya utk campuran makann bebek  saja..spontan bapak itu nangis bahagia krn tahunya yg remek dibeli semua oleh peternak bebek  itu..

Sahabatku...Doa tidak harus dikabulkan sesuai permintaan, tapi terkadang diganti oleh Allah dengan sesuatu yg jauh lebih baik daripada yg diminta.

Allah Maha Tahu kebutuhan kita, dibandingkan diri kita sendiri.

Karena itu, janganlah jemu berdo'a, juga jangan menggerutu, apalagi mengutuk!
"Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu
padahal ia amat buruk bagimu.
Allah mengetahui, sedang manusia tidak mengetahui”.

“Jika Allah menjawab do'amu, Ia sedang menambahkan imanmu. Jika Ia menundanya, Ia sedang menambahkan kesabaranmu. Jika Ia tidak menjawab do'amu, Ia sedang mempersiapkan yang jauh lebih baik untukmu.


Maka berhusnudzonlah kepada ALLAH SWT🤗🤗🤗



Kunjungi juga channel youtube saya
👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

Video : Youtube/ Channel Anita


Baca juga :


10 Comments

  1. Subhanallah mbk nita,,Allah punya rencana yg lbh baik buat mbk sekeluarga mbk,yg sabar ya,mbk wanita hebat,pejuang hebat,,,smg yg selanjutnya Allah mudahkan dan percayakan mbk,,smg sy juga bisa mbk Aamiin Allahumma Aamiin 🤲

    ReplyDelete
    Replies
    1. trima kasih atas doanya mba, aamiin yarobal alamiin.. semoga allah selalu merahmati mba dan kluarga selalu, aamiin.

      Delete
  2. masyallah sy salut dg kesabaran mbak nita.. sy aja kynya ga akan sanggup mbk klo di uji sedemikian... sy juga sedang ikhtiar mbak semoga allah segera mengabulkan do'a kita ya mbak untuk memiliki anak..aamiin allahumma aamiin.

    ReplyDelete
  3. Subhanallah mb nita, semoga Allah segera mengabulkan doa" mb ya.... Amin. Saya juga sedang ikhtiar bayi tabung mb, besok adalah hari raportan saya. Mudahan Allah meridhloi ihktiar saya dan suami...amiin yarabballamin

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin yarobal alamiin.. terima kasih doanya mba sara. Semoga hasil yang terbaik langsung dari Allah, aamiin..

      Delete
  4. MasyaAllah mba, luar biasa mbca ini.Ttp smngat mb, sypun demikian, dr promil alamai dampe IUI msh blm rejeki, tdk menyarah sayapun lanjut ke IVf ternyata Allah memberi rejeki di IVf Ferina, entah apa jdny kl sy menyerah, tp tdk sy tdk menyerah, jauh dr kalimantan sy ke Surabaya sendirian tanpa sanak saudra berjuang mendapatkan momongan, smw terbayar.Rsanya ingin menangis bila mengingat smw

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, terima kasih atas supportnya. kita sama-sama tahu memang perjuangan untuk garis dua itu tidak mudah :)

      Delete
  5. Masyaallah..perjuangan yang luar biasa.. semangat terus mbak.. semoga Allah segera memberikan amanah keturunan yang Soleh Solehah..amin...saya pun masih berjuang untuk garis dua

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin yarobal alamiin, makasih atas doanya mba. Semoga kita sama2 berhasil atas apa yang telah di usahakan dan hasil terbaik dari Allah, aamiin..

      Delete

Post a Comment