7 Tips Kesiapan Menjalani Program Bayi Tabung (IVF) - Go Go Go Para Pejuang Momongan!!!!

Picture : Dokumen Pribadi/ Anita komala sari


Orang yang pernah mengalaminya adalah orang yang sudah berpengalaman dan setidaknya saya pernah tahu apa yang diperlukan saat menjalani proses bayi tabung. Ada suka duka kalo orang bilang sih. Untuk beberapa hal saya bisa share disini, apa saja hal itu ?
Perjalanan untuk memiliki baby ini memang tidak mudah dan saya mungkin salah satu orang yang terpilih untuk menjalaninya. Tidak pernah terlintas dari pikiran saya kalau akan menjalani program ini. Program yang di nilai orang awam sebagai bayi mahal, dan menjalani sejumlah prosedur disana.

Tapi memang niat hati sudah keukeuh mau dan ingin punya baby sendiri, semua masalah seperti tidak ada di mata saya. Sayapun sudah cari tahu apa yang akan saya dapati disana, dan bagaimana sih sih sebenernya proses itu. Paling tidak saya sudah punya gambaran mengenai semua rangkaiannya. Saya sendiri bukan termasuk orang yang berani sama jarum suntik, tapi juga bukan termasuk yang takut-takut amat, ya biasa-biasa sajalah. 

Prosedur itu memang panjang dan cukup menyita pikiran, biaya dan tenaga. Saya berusaha keras hal yang aneh-aneh itu dibuang jauh-jauh, agar tidak mengganggu prosesnya. Tapi sebagai manusia biasa saya juga terkadang terselip kecemasan.

Picture : pixabay.com


Berikut tips yang mungkin berguna buat para pejuang baby dalam proses bayi tabung :

1. Jangan Ragu, Pastikan kamu optimis menjalani semua proses ini. Jangan stres, jangan cemas berlebihan. Enjoy aja menjalaninya, yakin bahwa ini memang jalannya, dan Allah pasti kasih yang terbaik. Apun kondisinya cobalah untuk bersikap tenang dan jangan mudah panik. Optimis berhasil, tapi tetap berserah diri kepada Allah yang maha memiliki kehidupan.

2. Percaya Pada Ahlinya, Ketika kamu datang ke rumah sakit dan kamu akan menjalani proses bayi tabung, pastikan kamu memang percaya akan ditangani dengan betul disana. Percaya bahwa dokter akan memberikan treatment yang terbaik. Ini akan berdampak ke psikologis kamu sehingga lebih tenang dan relax.

3. Lebih Mendekatkan diri kepada Allah, lebih banyak ibadah lah yang kamu jalani. Solat sunah, baca quran, sedekah, solat malam dan pasrahkan seluruhnya kepada Allah. Pasrah bukan berarti tidak melakukan apa-apa, tapi pasrah ini adalah kamu sudah melakukan usaha maksimal dan hasilnya Allahlah yang menentukan. Ikhlas dengan semua hasilnya.

4. Siapkan Dana Utama dan Ekstra, Ya jelas tentunya ini sih yang paling utama. Setidaknya kamu bisa cari tahu dari medsos, atau orang-orang yang bisa dipercaya dalam hal ini. Kalau saya dulu, dapat info dari temennya ayah mertua yang anaknya juga pernah berhasil di Ferina, dan tahu kisaran berapa biaya yang di butuhkan kalau proses di sana. Dan juga sebelum proses dimulai dokter Aucky sudah menjelaskan berapa biaya yang akan di pakai dalam proses ini dan itu (atau per tindakan). Beda rumah sakit beda biaya yang di butuhkan contohnya di rumah sakit jakarta yang terkenal dengan program bayi tabungnya kisaran biaya yang dibutuhkan di range 90-150 juta sedangkan di Surabaya (Ferina) kisaran di 70-90 juta.

5. Cari Tahu Kosan, Buat kamu yang dari luar surabaya bisa cari tahu dulu kosan atau tempat tinggal yang nyaman, karena setelah melalui proses ET (embrio transfer) harus ektra istirahat. Saran saya kalau mau cari tempat tinggal lakukan sebelum ET, karena di kondisi ini kamu masih bisa bergerak kesana kemari dengan leluasa. Tapi kalau sudah ET gerak kamu akan lebih terbatas guna menjaga si embrio menempel dan berkembang sempurna di rahim.

6. Rajin Tanya, disini maksudnya gejala apapun yang kamu alami jangan disepelekan tapi tanyakan apakah ini normal atau tidak. Kalau begini apakah boleh atau tidak. Tanyakan semua kalau dibilang cerewet gpp asal kamu tau rambu-rambu atau batas  boleh tidaknya. Karena kita sudah berjuang sampai sebegini panjangnya, gak mau kan salah langkah. Biasanya ada nomor yang kamu bisa hubungi dimana kamu bisa bebas menanyakan berbagai macam keluhan yang kamu rasakan. Apabila keluhan itu penting dan urgent biasanya perawat akan sigap untuk nginfoin kamu segera datang dan diperiksakan kondisinya.

7. Siapkan Mental, Oh ya pasti. Bagaimanapun badan kamu akan di setting menurut kondisi usia, hormon, berat badan, tinggi badan dan kondisi kesehatan kamu akan di cek semua. Sangat berbeda dengan hamil normal yang alami, Maaf kamu dan suami tinggal berhubungan badan, telat haid dan hamil, hanya itu saja. Sedangkan orang yang sedang menjalani proses bayi tabung, harusnya melalui sejumlah proses dan prosedur.

Picture : pixabay.com


Mulai dari screening suami istri, untuk mengetahui kesehatannya masing, lalu jika lolos istri akan di stimulasi rahimnya dengan pembesar telur, akan disuntikan ke perut sebelah kanan dan kiri setiap hari selama 8 atau 9 hari, jika sudah maksimal berat telur maka akan di suntikan selanjutnya pemecah telur. 

Selama stimulasi akan terus di awasi dan di cek kadar ekstradiolnya apakah bertambah apakah bagus dan per 2 hari sekali akan di liat di usg kondisi telurnya. biasanya orang yang memiliki riwayat PCOS jumlah telurnya akan sangat banyak bisa 20 ke atas. dan ini bisa memiliki kemungkinan kualitas telur yang bagus tentunya. ya seperti saya ini, saya kemarin punya sel telur yang di stimulasi total 23, di kiri 11 dan di kanan 12.


Setelah sekian kali suntikan yang harus di alami wanita selanjutnya adalah OPU, disini akan dilakukan pick up telur yang sudah matang yang selanjutnya akan di satukan di luar rahim sel telur dan spermanya guna selanjutnya akan menjadi sebuah embrio. Di Opu biasanya di anastesi (bius total) sehingga saat penyedotan sel telur tidak membuat syok si wanita. Tahu tidak, saat OPU itu para dokter dan team sedang berusaha memanen telur yang kita hasilkan dari stimulasi dengan menggunakan jarum yang dimasukan ke rahim sepanjang 35cm (dari buku dokter Aucky yang saya baca), oh Tuhan,,, serem amat ya... syukur saya waktu itu tidur jadi tidak tahu apa yang terjadi, tahunya cuma sudah selesai dan semua sudah di panen, saya bangun seperti bangun tidur kaya biasanya.

Lalu ET, atau embrio transfer disini beda dengan OPU yang boleh di bius total, tapi kalau ET kamu wajib sadar. Jadi saat itu saya tahu apa dokter dan team perbuat pada saya pada saat diruang tindakan. Kamu harus siap dimana vagina kamu akan dipaksa maaf "mangap" seperti di dongkrak dan dimasukan embrio dengan waktu sangat cepat. Kamu akan tahu dimana dokter akan meletakan embrio kamu. Prosesnya benar-benar cepat dan setelah itu kamu akan di bawa ke ruang pemulihan (ruangan yang sudah di pesan sebelumnya) dan selanjutnya kamu mesti jaga extra embrio yang sudah ada di rahim selama masa 2 minggu (2 WW) 2 minggu masa menunggu.


Kunjungi juga channel youtube saya :
👇👇👇👇👇👇

Video : Youtube/ Catatan anita


Jadi ya, memang semua proses gak gampang tapi juga gak terlalu menakutkan. Dulu proses bayi tabung masih terkesan sangat asing. Tapi buat orang-orang masa kini seperti sudah biasa karena bayi tabung adalah jalan penyelamat atau jalan tol untuk mereka yang kesulitan memiliki momongan.

Kita boleh saja pasrah, tapi pasrah disini adalah melakukan usaha semaksimal mungkin. Bukan hanya meratapi nasib. Proses bayi tabung di anggap mewah dan mahal ya memang karna memakan biaya yang gak murah, tapi itulah cara mereka mendapatkannya. Mereka begitu kesulitan dan tidak mudah mendapatkannya. Bayi kecil mungil, bersih, sempurna, sehat dan lucu sangat gak mudah buat mereka para pejuang garis dua dalam mendapatkannya. Saya sendiri sudah liat betapa banyak pasangan muda dan setengah baya di bangku-bangku Ferina antri untuk menjalani proses ini.

Apakah proses ini terkesan sombong ?
Oh tentu saja tidak, menurut saya cara ini sangatlah disarankan. Setiap orang berbeda-beda kondisi kesehatan dan kesuburannya, dan kita tidak boleh langsung menghakimi orang yang jalani proses bayi tabung adalah untuk gengsi semata, saya rasa itu sangat tidak adil.

Perjuangan mereka mendapatkan bayi harus di tempuh dengan jalan ini adalah sangat normal. Kita tidak bisa menghakimi dan meremehkan keputusan mereka dan terlebih kita tidak pernah tahu apa yang mereka alami sebelumnya sampai memutuskan kesini. Jadi saya rasa sepatutnya kita turut berempati, dan mendukung untuk hal ini. Kitapun harus bahagia dengan semua kelahiran bayi bagaimanapun caranya. 

Alami atau tidak memang ini sudah jalannya, sebagai manusia biasa hanya bisa berusaha maksimal dan semoga Allah meridhio semua jalan yang di usahakan hambanya dan diberikan yang terbaik menurutNYA, aamiin..

Semoga para pejuang momongan segera diberikan hasil yang terbaik oleh Allah SWT, aamiin..



Kunjungi juga channel Youtube saya
👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

Video : Youtube/ Catatan anita





4 Comments

  1. maaf kak mau nanya selama 2 mggu proses menunggu, bedrestnya seperti apa?, turun dari ranjang cm buat ke kamar mandi n wudhu dan solat atau bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo saya di kamar saja, gak kemana2. Ya turun ranjang sebisa mungkin pelan-pelan, aktivitas seperti biasa saja cuma pastikan jangan ada hentakan atau gerakan terlalu cepat. Solat cuma yang di ubah posisinya menjadi duduk di kursi.

      Delete
  2. hai mba, trimakasih udah nulis blog sejelas dan selengkap ini ❤️ kebetulan saja agustus 2022 ini mau program IVF di ferina, karna kami dari kalimantan tengah jadi agak ngeblank untuk gambaran prosesnya gimana2 tp karna nemu blog ini jadi dapat pencerahan. trimakasih ❤️❤️

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mba, alhamdulilah kalau tulisan ini bisa bermanfaat. Semoga programnya lancar dan sukses ya mba muthia, aamiin..

      Delete

Post a Comment