Bagaimana Membuat Video Ciamik Untuk Vlogging Bersama Bella Panggabean, Emak-emak Blogger dan BhinnekaCom

Picture : Dokumentasi pribadi/ Anita komala sari

Tadinya saya pikir gak akan terpilih, yasudahlah. Eh.. eh.. tapi tiba-tiba mak Sumarti Saelan hubungi saya di FB dan  ditanya apa masih minat ? Oh jelas, acaranya bagus kaya gitu, apalagi topiknya juga kekinian banget, gimana bisa nolak kan.

Topiknya itu adalah "Bagaimana Membuat Video Ciamik Untuk Vlogging Bersama Bella Panggabean". Lho emang siapa Bella Panggabean? Beliau itu adalah sutradara video clip dan iklan lho. Mantab kan, bisa ikutan talkshow kaya gini, bisa menambah ilmu dan wawasan lagi.


Kunjungi juga channel youtube saya
👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

Video : Youtube/ Catatan Anita


Acara Community Gathering KEB & Bhinneka ini bertempat di :

Bhinneka.com (PT Bhinneka Mentari Dimensi) - http://www.bhinneka.com/
Jl. Gunung Sahari Raya 73C No. 5-6, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta
Tanggal : 9 Desember 2017
Pukul     : 09.00- Selesai

Saya yang bertempat tinggal di daerah depok, cukup naik kreta tujuan kota saja dan turun di Juanda. Dari Juanda tinggal pesen Ojek Online menuju PT Bhinneka Mentari Dimensi. Deket banget ya ternyata.

Pukul 09:30 dimulai dengan registrasi peserta yang datang, kita Sign Up di web  http://www.bhinneka.com/  dan aktifkan via email. Oh ya selain tanda registrasi awal, bhinneka juga berbaik hati dengan memberikan voucher e-copon untuk berbelanja di awal sebesar Rp 50.000


Picture : Dokumentasi pribadi/ Anita komala sari
                                                                                                                                                                 

Acara dimulai dengan perkenalan dari Sarah dari Bhinneka. Sarah yang bisanya menjadi model atas youtube channelnya BhinnekaCom, berikut salah satu videonya : https://www.youtube.com/watch?v=fkTtA0n6ufo

Lalu dilanjut dengan mba Bella Panggabean yang menjadi pembicara atas topik yang di angkat dari acara gathering kali ini. Mba Bella memberikan semua info tips dan saran mengenai pembuatan video. Mulai dari pengalamannya, cara-cara terbaik mengambil gambar, angle, bagaimana mengatur pencahayaan saat shoot video, dan bagaimana membuat video yang bercerita tetang suatu kisah yang memberikan rasa pada setiap orang yang menontonnya.


Picture : Dokumentasi pribadi/ Anita komala sari


Berikut point-pointnya dalam membuat sebuah video yang bagus dan berkarakter :

Sound And Light

Rule Of Compotition : rule of thirds, foreground, backlighting, etc.
Leave Head Room
Leave Nose Room
Watch Wasted Space
Cross Camera Interview

Unscrip Does't Mean Unstructure

Cosider The Only Respective That Matter
Your Reader Subscriber
Click here to find Out More about this service
Click here to watch related video
Fill Out a Quick Survey
Subscribe, tumbs and like

Script On Screen Talking Points Outline

What are the top there message you have to ? Communicate

Are You Clearly outlining the benefit that ?

Will Resonante with your target audience?

Are you speaking your follower's language ?

The Scrip is the "What" in the video development process

Everyhing else is the "How"

Show Them

Dont Tell Them

Good Stories Dont Appeal To Everyone
Good Stories Resonante
Good Storie Are Credible
Good Storie Are Usually Simple

Picture : Dokumentasi pribadi/ Anita komala sari


The most important, dalam membuat video harus memperhatikan cahaya. Kalau gak ada pencahayaan yang mendukung maka video kita gak akan membuat orang tertarik. Jangankan di tonton baru liat aja orang bisa males. Gambarnya gelap, gak menarik, dan objek apa coba yang dilihat penonton ? Maka jangan pernah ambil gambar dari sisi backlight atau membelakangi cahaya.

Picture : Dokumentasi pribadi/ Anita komala sari


Untuk suara, usahakan saat kita ambil gambar tidak ada gangguan suara-suara berisik dan gak jelas dibelakang kita. Ruangan/ area pengambilan gambar juga pastikan terbebas dari kebisingan agar pengambilan video bagus dan sempurna.


Baca juga :


Membuat video yang bagus itu adalah yang punya cerita yang menarik dan konsisten dalam membawakan cerita ke penontonnya. Kita harus tahu jelas siapa objek sasaran kita, apakah anak-anak, remaja, ibu-ibu atau siapa? Contohnya jika video kita tetang make up, jelas sasarannya adalah wanita, cewek-cewek yang punya hoby make up. Kita bisa ulangi berbagai macam hal tentang make up. Make up buat kondangan, ketemu pacar, buat ngantor, buat dirumah dan kondisi-kondisi lainnya. Jika video tentang masak, berarti sasaran kamu adalah semua orang yang punya hoby masak yang suka baking, masakan traditional, timur tengah, desert atau sekedar cemilan buat sehari-hari. Dan itu bisa siapa aja lho.

Sebuah video meskipun gak ada script, tapi harus terarah, punya Awal, Tengah dan Akhir. Sehingga kita bisa tahu batas-batasnya dan rapih dalam pembuatannya.

Sebuah video itu juga harus memiliki rasa, orang bisa mengerti akan penyampaiannya, orang bisa mendapat inspirasi, info, atau menghibur. Temanya bisa apa saja dan tinggal kita pintar merekam dan mengeditnya agar menampilkan video yang berkualitas dan bagus untuk di tonton.

Kan saya gak punya alatnya ?
Bisa kamu coba mulai membuat video dengan merekamnya menggunakan HP yang kamu punya.

Trus Gimana Ngeditnya?
Bisa kamu pakai aplikasi gratis dari AppStore. Jika di OS Windows kamu bisa gunakan Movie Maker punya windows. Gampang kan ?

Gimana Mulainya ?
Just Shoot It!!
Ya rekam aja, edit lalu upload di Youtube.
Yang jelas sebelum itu pastikan kamu punya akun dulu di youtube ya.

Kan peralatan pendukungnya itu mahal-mahal semua ?
Bisa dari HP apa aja yang kamu punya, lalu lighting bisa kamu dpt juga dari lampu belajar.
Masih gak punya juga alat penerangannya ? pakai aja sudut jendela kamar kamu, dimana kamu bisa dapetin cahaya bagus. Cahaya bagus bisa di dapat dari jam 09-11AM atau 03-05 PM.

Saat sudah membuat video, jangan lupa lakukan interaksi kepada orang yang menontonnya. Katakan terima kasih sudah menonton, jangan lupa subscribe dan minta untuk komen di kolom komentar. Agar kita juga bisa dapetin ide dari komen-komen orang yang nonton. Selain akan menambah follower atau orang yang subscribe, tentu akan menambah network kita di dunia maya. Guna subscribe itu sendiri adalah untuk memberi notif kepada para penonton setia akan video terbaru kita selanjutnya. Sehingga kita menjalin keterkaitan dengan mereka.

Kalau video kamu menarik, gak sungkan lho orang-orang di luar sana untuk klik subscribe dan like ke video kamu. Karena bagi mereka video kamu menarik untuk di ikuti dan mereka akan dengan senang hati berlangganan nontonin video kamu.


Setelah pemaparan mba Bella Panggabean, ada sesi tanya jawab. Dimana bagi peserta yang menjawab akan diberikan hadiah, wah seru ya. Jadi anyak peserta mendapatkan goodie bag juga dari acara ini. Alhamdulilah..

Setelah mba Bella Panggabean memberikan seminarnya, lalu selanjutnya team dari microsoft yang memberikan info terbaru mengenai kelebihan Windows 10. Lho emg ada? ada dong. Apa aja ?

Picture : Dokumentasi pribadi/ Anita komala sari

Picture : Dokumentasi pribadi/ Anita komala sari


Windows 10 hadir memberikan kelebihan fitur lebih baik dibanding dengan OS yang sebelum-sebelumnya, diantaranya :

1. Mempunya fitur 3D pada menu paint yang selama ini kita tahu hanya sebagai corat-coret media gambar 2D paint sebelumnya.

2. Fitur koleksi fotonya bisa menampilkan bentuk video jadi saat view kita tidak monoton melihat koleksi foto 1 per1 saja tapi bisa di gabungkan dan berubah menjadi video.

3. Untuk update versionnya, bisa di dapat secara gratis. Hanya dengan koneksi ke Wifi atau kamu punya paket data minimal 4Giga.

Semua sudah dipermudah di Windows 10, pada menu paint dengan adanya fitur 3D mempermudah pekerjaan rumah anak kita (yang masih kanank-kanak) untuk berimaginasi menghasilkan karya lebih bagus lagi daripada menggunakan paint sebelumnya.


Picture : Dokumentasi pribadi/ Anita komala sari

Oh ya, acara ini memberikan hadiah juga lho melalui postingan foto di IG dengan mention ke https://www.instagram.com/bhinnekacom/ sayangnya saya kurang beruntung jadi gak dapet deh. hehee, tapi gpp karna juga dapet hadiah lainnya dari bhinneka dan microsoft.


Yah beginilah keseruan kita emak-emak kece dalam acara Community Gathering KEB & Bhinneka.
Rame ya, dan pastinya nyesel kalau sampe gak ikutan.

Picture : Dokumentasi pribadi/ Anita komala sari

Terima kasih buat KEB, buat Bhinneka dan semua panitia yang mengatur jalannya acara. Ilmu yang didapat tiada akan sia-sia dan pertemuan benar-benar bermakna. Saya sanagat senang bisa menambah wawasan, ilmu, dan teman baru tentunya juga bisa menjalin silaturahmi antar emak-emak blogger yang ketemuannya pada saat acara-acara seperti ini aja.


Anita Komala Sari 
Blog : http://anitakomala142.blogspot.co.id/
Email : nitakanozyos@gmail.com
IG : https: //www.instagram.com/nita_kanozyos/
Kontak : +6283879425416



Kunjungi juga channel youtube saya
👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

Video : Youtube/ Catatan Anita


Post a Comment