Serunya Arisan Ilmu Travel Bloger Bersama Marischka Prudence Dan KEB Jakarta

Arisan Ilmu FX Jakarta, Bersama Marischka Prudence

Senang rasanya masuk dalam urutan list undangan KEB untuk arisan ilmu di jakarta. Kali ini bertempat di jakarta (pas banget nih dijakarta) dan mengangkat topik "Kreatif Menulis Kisah Perjalanan" bersama nara sumber yang kece badai mbak Marischka Prudence yang cukup dipanggil "Prue" aja katanya. 

Meski saya datang telat banget, almost 1 jam tapi saya sungguh beruntung acara belum dimulai, mungkin mereka memaklumi cuaca pagi itu yang lagi kurang bersahabat kali ya dan mau mengundur waktu beberapa saat untuk peserta yang belum datang hehee.


Picture : Dokumen pribadi/ Anita komala sari

Bertempat di Plaza FX Sudirman saya dan beberapa peserta lainnya memulai acara pada pukul 10.30 WIB yang seharusnya jika sesuai dengan rencana seharusnya lebih awal 1 jam sebelumnya, yakni 09.30 WIB. Di awal acara kami semua berkenalan satu sama lain dengan memperkenalkan diri satu per satu.

Picture : Dokumen pribadi/ Anita komala sari

Prue Dan Host

Lalu setelah itu host meminta kami untuk menuliskan keinginan di kertas selembar yang diberikan oleh panitaia. Senang rasanya bisa mengikuti acara seperti ini, menambah ilmu menambah pertemanan, perkenalan dengan orang-orang baru yang juga punya hoby yang sama. Jadi menambah semangat dalam menulis deh nih hihihi.

Oh ya untuk mba prue, tampilan bener-bener kece marece euy, mantablah. Dengan rambut panjangnya yang terurai berwarna silver akhirnya prue memulai presentasinya. Sebagai hot pupuler travel blogger, prue sangat apik dalam menjelaskan. Menurutnya menjadi traveler blogger itu harus dengan hati, pergi melalang buana adalah bagian dari perjalanannya yang hoby ia dokumentasikan dalam bentuk cerita dan gambar yang ciamik. Mulai dari dalam sampai luar negri. Coba cek aja instagram dan blognya keren ya. https://www.instagram.com/marischkaprue/

Picture : Dokumen pribadi/ Anita komala sari

Prue memberikan presentasi

Kalau dilihat dari historynya mba prue sendiri, ia pernah punya pengalaman bekerja di Metro TV sebagai Jurnalis, meliput bencana alam yang terjadi di seluruh indonesia, Keren ya masih muda sudah menjelajahi seluruh indonesia, tapi tentunya ini adalah bagian dari pekerjaannya sebagai journalis. Tapi sayangnya hanya 1 tahun prue disana dan lebih memilih menjadi travel bloger yang bebas, kapan saja bisa bekerja darimana saja.

Prue menjelaskan sebenarnya menulis blog itu seperti menulis sebuah berita. Harus ada beberapa kriteria di dalamnya, seperti : planning, hunting, writing dan editing. 

Kita harus tahu kita mau menceritakan tentang apa sih ? bagaimana kita merencanakan step-by step sebuah berita tentang suatu tempat atau suatu even dalam blog seperti berita sih ? lalu bagaimana kita memulai sebuah tulisan itu. Soalnya kadang menulis di awal kata suka sulit, lalu bagaimana kita memulainya ? lalu gimana gaya tulis yang harus saya gunakan, apa harus mengikuti si a, si b, atau si c yang bagus penulisannya, apa saya harus mengcopy gaya tulisannnya ? Lalu bagaimana tulisan saya bisa di terima oleh orang kebanyakan ? gimana cara mengeditnya ?

Pertama Planning :
Kita harus matang merencanakan, mau nulis tetang apa nih. Kalau tentang traveling yang harus kamu tahu ya tempatnya. Dimanakah itu tempat (daerah tujuannya), jauh gak dari kreta, jauh gak dari bandara. gimana suasana kondisi disana ? apa yang kamu rasakan waktu disana, apakah semua kondisi enak, kalau enak itu dimananya, kalau gak enak itu dimananya?  jujurlah dalam menulis. Jangan melebih lebihkan tulisan kamu dan mengurang-ngurangi. Justru disitulah ke unikannya. Kalau kamu jujur maka pembaca jadi lebih merasakan apa yang kamu rasakan saat disana.

Kedua Hunting :
Apa sih yang  dicari si sana ? Apakah tempatnya benar-benar recommended, Lalu bagaimana kita dapat menceritakan daerah itu ? apa hanya bisa diceritakan satu cerita pada sekali perjalanan ? Nah biasanya Prue sendiri kan lebih menonjolkan gambar pada blognya ya, hal ini ternyata bisa menjadi daya tarik tersendiri lho oleh para netizen. Hunting cerita pada suatu blog bisa di bagi beberapa kisah, misal di cerita pertama, kamu bisa menceritakan gimana kondisi disana pada saat kamu berburu foto di sore hari untuk ambil sunsetnya, lalu pada cerita kedua kamu bisa menceritakan gimana kondisi saat persiapan perburuan foto sunset disana, lalu ketiga kamu bisa ceritakan pengalaman kamu bertemu dengan beberapa turis saat pertama kali kesana dan berbagai macam lainnya. Itu semua bisa kamu dapatkan dalam satu perjalanan lho, keren juga ya idenya hehee

Ketiga Writing :
Gimana nih cara nulisnya ? Untuk penulisan bebas saja, jangan mengikuti si a si b si c, bebaskan dirimu, just write. Dengan begitu kamu bisa menjadi dirimu sendiri. Ada beberapa orang lebih suka menggunakan saya, gue, lu semua itu bebas-bebes saja. Dengan begitu semua akan mengalir murni begtu saja dari diri kamu. Menulis itu seperti seorang seniman,dia bisa mengkreasikan apapun yang dia mau untuk menjadi sebuah karya. Selama gak ganggu orang, gak nipu orang, gak berbau sara, pornografi dan hal-hal yang mengganggu itu semua sah-sah aja. Pokoknya Tulis Aja.


Picture : Dokumen pribadi/ Anita komala sari

Suasana Tempat Acara Arisan Ilmu KEB

Prue sendiri sebelum menjadi hits and populers enjadi travel bloger sekarang ini, menulis blog berawal dari kegalauan dan keresahannya aja. Udah kaya diari yang semua perasaan gundah gulana di tulisnya, tapi seiring dengan waktu prue lebih memilih menjadi travel blogger yang setiap kisah perjalanannya dia abadikan di beberapa medosos dan tentunya blognya.

Keempat Editing :
Kalau kita kerja kan yang lakukan pengeditan itu orang lain, atau bisa juga bos kita sendiri, Nah gimana nih kalau kita adalah seorang blogger sejati ? Jawabannya adalah diri kita sendiri. Iya betul, kan kita yang kerja untuk diri kita, kita dibayar berdasarkan apa yang kita sukai. Maka menjadi seorang travel blogger pun juga sama kita sendirilah yang menilai diri kita. Apakah tulisan kita sudah bagus, apa masih ada kurangnya, kalau kurang dimana itu kurangnya? Caranya dengan membaca beberapa kali sebelum di publish. Hal ini sangat membantu lho dalam proses pengeditan. Membaca beberapa kali akan membuat kita tahu dimana sisi kurangnya tulisan itu. Karena saat menulis kan sering kita hanya mengikuti arus pikiran kita tanpa tahu bagus enggaknya saat dibaca orang, tapi dengan mengeditnya terlebih dahulu akan mengurangi kekurangan-kekurangan itu.

Picture : Dokumen pribadi/ Anita komala sari

Goodie Bags dari Prue, saat sesi tanya jawab

Lalu darimana sih blogger mendapatkan uang ? saat sesi pertanyaan ini sih saya jawabnya dari ikut kompetisi-kompetisi gitu hehee, tapi prue menjelaskannya sebagai berikut:
blog adv, sponsored post, social media engagement, workshop/ event appearence/ speaker, brand engagement/ (judge, consultant), contributors, books.

Di indonesia kadang menjadi blogger itu masih dipandang sebelah mata, beda dengan di luar mereka disana sudah mendapat tempat khusus di hati para pengusaha jasa iklan, brand barang ternama dan sebagainya untuk mereview produknya. Tapi seiring waktu di indonesia ini juga sudah mulai di apresiasikan lho pekerjaan sebagai blogger ini. Wah kesempatan tuh, gak boleh di buang begitu saja, hayuk para blogger sejati terus semangat menulis ya!!!

Oh ya, terus gimana caranya agar traffic di blog kita naik ?
Nah ini ada taktiknya, jadi kita harus paham jam-jam dimana orang itu suka membaca. Jeleknya kebanyakan orang kita gak suka baca kan makanya mereka lebih suka lihat gambar yang memanjakan mata daripada tulisan yang panjang lebar. Tapi kita bisa tahu dari habit mereka yang kapan bisa membaca, contohnya jam 10 pagi, kalau orang ngator masih siap-siap kerja sambil buka-buka HP, lalu jam orang orang pulang kantor jam 7an, nah kan biasa tuh mereka baru banget bisa pegang hp dan searching-searching berbagai macam hal, atau jam tengah malam jam 12an. Biasanya traffic ini digunakan sama orang-orang ini masih belum bisa tidur atau suka begadang gitu, dari situlah kita bisa ambil celah untuk mempublish blog kita.

Presentasi Prue

Lalu bagi para pengguna blogspot contohnya, akan tahu ada beberapa fitur untuk melihat audience blog kita, gimana trafficnya, gimana dengan pageviewnya, jumlah yang datang ke blog kita itu seperti apa dan berapa banyak ? jadi gimana membuat mesin pencari bisa membuat pengunjung itu mengunjungi blog kita ? kita bisa menganalisa sendiri dan bisa mencari solusi agar traffic makin bagus ke blog kita.

Selain kata kunci adalah hal yang utama yang harus diperhatikan, hal lainnya adalah penggunaan kata di label yang tepat, lalu pemberian nama di foto-foto yang di tambahkan di artikel kita. Sering para penulis itu tidak memperhatikan beberapa bagian itu, karna justru dari situlah mesin pencari bisa menghubungkan pembaca ke blog kamu. Detail ya intinya hehee

Oh ya, Prue juga menekankan kalau punya karya sharinglah, apapun itu bentuknya. Apalagi tulisan, kan sayang banget kalau gak di sharing. Kita bisa berbagi kita bisa bisa mengispirasi. Karya yang hanya dinikmati sendiri dan tersimpan hanya untuk sendiri itu sangat amat disayangkan. Tapi kan saya malu, saya gak PD, saya masih newbie ? itu semua masalah waktu, semua melalui proses, intinya kita bisa bisa berbagi apapun itu, apalagi menulis blog yang isinya informasi dan berita akan sangat bermanfaat pastinya buat orang lain.

Memang kita gak bisa membuat orang lain langsung suka dengan tulisan kita, tapi paling tidak kita bisa membuat orang lain tertarik dengan ciri khas yang kita miliki. Contoh beberapa perbedaan itu bisa kamu liat dari tertarik tidaknya antara kamu dan teman kamu. Kamu bisa follow beberapa travel blogger di instagram karna kamu suka dan hoby traveling dan suka sama foto-foto si blogger di instagram, tapi belum tentu teman kamu juga suka akan hal itu, karna dia lebih suka follow food blogger karna dia lebih suka sama foto-foto makanan-makanan lucu. Jadi ini sebenarnya adalah masalah Selera. Kamu dan dia belum tentu sama kesukaan, tapi setiap yang unik dan punya ciri pasti akan punya pasarnya tersendiri, Yap akan ada pasar tersendiri untuk karya kamu. Wah makin semangat nih nulis, yeay!

Yang jelas seru acara ini, selain kita mendapat ilmu dari suhu mbak prue kita juga dibagi hadiah yang imut lho darinya, ya tentunya jika kita dapat menjawab pertanyaannya atau kita bisa berikan pertanyaan seputar topik tersebut.

Emak-emak pemenang dalam undian "ingin traveling kemana"


Menjelang akhir acara host memberikan beberapa hadiah kepada pemenang undian untuk kertas terpilih yang dibacakan didepan, yang isinya tentang keinginan pergi dan traveling pribadi (yang    harus dituliskan secara sangat detail, agar terkabulkan pas sesuai keinginan) yang itu dikumpulkan dan di ambil secara acak, lalu juga host memberikan hadiah bagi emak-emak bloger yang terpilih sebagai the winner best dresscode. Wah sayang saya gak menang, tapi gpp saya tetap senang setidaknya jg dapat hadiah dari Prue hehee.


Keseruan saat acara makan potluck

Potlucknya emak-emak KEB di acara arisan ilmu

Narsis bersama mba Prue :))

Dan di bagian akhir acara, kita makan bersama, makanan potluck ini benar-benar seperti arisan hehee, setiap dari kita membawa cemilan yang enak-enak. Semoga keseruan acara seperti ini terus berlanjut sehingga kita bisa silaturahmi, yang biasanya hanya via internet saat kopdar kita bisa berbagi cerita dan lebih mengenal satu sama lain. Terima kasih KEB, Prue dan semua panitia yang berkontribusi sehingga acara berjalan lancar dan meriah.


Baca Juga :

Post a Comment