5 Arti Anniversary Dalam Pernikahan, Apa Aja Sih Yuk Simak


Membina hubungan dalam rumah tangga susah-susah gampang, kenapa dibilang begitu? karena yang namanya menyatukan dua kepala menjadi satu itu memang gak mudah. Berbeda latar belakang, kebiasaan, sifat dan sikap itu sama sekali gak semudah membalikan telapak tangan. Makanya ada orang bijak bilang kemesraan hanyalah diawal, tetapi yang gak gampang adalah memelihara cinta karena dengan penuh kemesraaan setiap waktu diperlukan pembuktian dan kepercayaan satu sama lain.
Jika orang pacaran hanya bisa mengumbar kata-kata mesra dan sebagainya, maka di dalam pernikahan diperlukan bukti cinta dan kenyataannya. Anniversary atau hari jadi adalah moment-moment yang gak bisa di lupakan bergitu saja. Di hari anniversary biasanya kita akan sama-sama mengingat sudah sedemikian jauh ini sudahkah mengenal pasangan kita lebih dalam. Karena banyak lho sudah menikah dan menjalani kehiduan bersama tapi tidak mengenal pasangannya. Dia yang dulu dikenal sebelum nikah apakah benar masih sama ?

Anniversary bagi kebanyakan orang adalah moment khusus yang paling berharga untuk dirayakan. Beberapa orang ada yang menganggap perlu dirayakan tapi sebagian lagi tidak perlu dirayakan yang penting adalah kebersamaannya selalu bersama dalam suka dan duka.

Anniversary bisa menjadi moment flash back untuk melihat apa saja yang harus diperbaiki satu sama lain dan menjadikan pasangan lebih saling memiliki satu sama lain. Hidup memang tidak selalu indah dan lurus-lurus saja, setiap orang pasti mengalami pasang surut dan pahit manisnya kehidupan. Makanya orang-orang yang sudah menjalani pernikahan yang berpuluh-puluh tahun bisa dijadikan sebagai goal relationship yang sebenarnya. Karena asam garam mereka sudah lalui bersama. Bukan anak muda yang cintanya panas membara di awal tapi hambar dibelakang dan akhirnya mereka putus di tengah jalan.

Ulang tahun pernikahan memang pasti akan terjadi 1 tahun sekali, tapi gimana cara pasangan tersebut menyikapinya. Sebenernya yang paling sangat penting adalah gimana pasangan tersebut melewati waktu secara bersama-sama dalam sikap yang saling menyayangi dan menjadikannya prioritas di atas lainnya. Percuma jika ulang tahun pernikahan itu ada tapi rasa yang di dalam hati sudah kandas atau sudah hambar. Semua tentunya butuh proses, proses pendewasaan diri pada masing-masing pasangan.

Berikut beberapa list Arti pernikahan dalam pernikahan yang sehat :

1. Menjadi moment saling memperbaiki diri.

Di saat annoversary, pasti satu sama lain akan mengingat masa demi masa dan waktu demi waktu yang sudah dilewati. Apakah semuanya berkualitas ? apa saja yang perlu diperbaiki ? gimana cara memandang perjalan hidup dan bertahan dalam situasi dan kondisi yang gak nyaman? semua bisa dirasakan bersama dalam hari anniversary. Apakah kita sudah memperlakukan pasangan sebagaimana mestinya ? apakah kita enjoy dengan semua ini, apakah setahun kebelakang kita sudah lebih baik secara personality? ini semua bisa menjadi cerminan diri agar kita bisa lebih baik kedepannya bersama pasangan.


Baca juga :


2. Quality Time

Ya tentu aja, anniversary harus menjadi hari spesial. Kualitas bersama pasangan dan sharing tentang apa yang harus dibahas dari hati ke hati bisa menjadi obat atas sulitnya waktu di hari biasa. Berangkat pagi pulang malam demi kualitas hidup yang lebih baik kadang menjadikan seseorang menjadi robot hidup yang gak sadar sudah tersistem oleh kejamnya dunia dan ini bisa berdampak pada kebanyakan pasangan. Maka moment yang berkualitas itu bisa datang jika ada namanya hari anniversary. Para pasangan bisa mengambil cuti untuk belibur di luar kota atau luar negeri demi menjaga yang namanya quality time bersama pasangan atau sekedar menginap dihotel 1 atau 2 malam hanya sekedar mencari suasana berbeda dan hanya bersama pasangan saja.

3. Menetukan visi misi keluarga

Hal ini memang bisa di obrolin setiap waktu, tapi jika di setiap waktu yang biasapun bisa sulit dan sering mudah lupa untuk dibahas maka di moment indah ini wajib dibahas. Di moment anniversary, topik ini bisa di bahas  dari hati ke hati akan hal ini. Penjabaran visi misi bukan hanya ada di organisasi atau partai, tapi hal ini juga bisa diterapkan di dalam keluarga, gimana kedepannya, gimana akan pekerjaan dan bisnis yang dirintis atau gimana cara akan mendidik anak esok dan lain sebagainya. Bisa dipastikan antara suami istri sama pemikirannya agar kedepannya gak 

4. Meningkatkan rasa sayang dan saling memiliki

Usia pernikahan yang terus berjalan membuat satu sama lain makin mengenal, makin tau gimana ambil celah dari setiap sikap pasangan yang kadang kurang bagus dan mencoba memperbaikinya bersama. Tahu gimana cara menghadapi kondisi bersama pasangan disaat-saat naik turun fase kehidupan.  Karena kekurangan yang dimiliki akan menjadi pakaian bagi suami dan istri itu sendiri. 
Tapi apapun kekurangannya bisa di tutupi bersama dan apapun kelebihannya bisa menjadi kebahagiaan bersama dalam pernikahan. Maka dimoment anniversary pasangan akan memiliki perasaan makin sayang satu sama lainnya.

5. Makin Mengutamakan Keluarga

Di ulang tahun pernikahan pasti setiap pasangan akan berfikir flash back kebelakang, apa saja yang sudah diraih, apa saja yang sudah di hadapi bersama dan bagimana mencari solusi atas segala permasalahan. Pasti banyak yang berfikir ternyata udah sekian tahun ya bersama atau kalau yang baru nikah, pasti akan bilang gak kerasa udah setahunnya ya, perasaan baru kemarin di depan penghulu mengucap janji dan sumpah yang disaksikan seluruh keluarga. Dengan pengalaman-pengalaman yang sudah di rasakan pasti makin kedepannya pasangan yang baik dalam membina keluarga adalah pribadi yang mengutamakan keluarga di setiap aktifitasnya. Sikap inilah yang menjadikan keluarga lebih harmonis dan hangat. Semoga dengan penikahan yang mempunyai usia makin bertambah, makin bertambah juga keberkahan bagi anggota keluarga lainnya.


Kunjungi juga channel youtube saya
👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

 

Video : Youtube/ Catatan Anita




Post a Comment