8 Hal Yang Perlu Di Siapkan Saat Bekerja Dari Rumah

Picture By bikinkantor.com


Memutuskan bekerja dari rumah sedangkan habit dari sekian tahun adalah menjadi pegawai di suatu perusahaan itu adalah gak mudah. Dimana rutinitas tiap pagi adalah bangun tidur, mandi, makeup lalu berangkat ngantor. Always everyday, like a robot. Berkutat dengan kemacetan dijalan, berjuang gimana caranya sampe kantor dengan selamat dan gak telat udah jadi kebiasaan yang mendarah daging. Menerima job yang diberikan dan menyelesaikan pekerjaan sesuai dateline adalah tugas utama saat ngantor. Karena saya berkecimpung di dunia IT khususnya Application Support membuat saya standby jika sewaktu-waktu ada kebakaran atau ada aplikasi yang live tidak smooth jalannya.
Sebagai Appsup yang baik (appsup adalah panggilan familiar untuk bagian yang saya tekuni beberapa tahun terakhir), saya juga harus dituntut cepat tanggap dengan pemasalahan yang ada. Semua keruwetan menjadi satu dari berangkat, saat dikantor sampai pulang pun juga sangat-sangat dituntut kesabaran ekstra tinggi. Soal macet dan kawan-kawannya udah gak bisa di anggap remeh, karena secara gak langsung sudah mempengaruhi psikologis kondisi kejiwaan seseorang. Begitulah kalau kerja di pusat kota jakarta, susah payah menjemput rejeki.


Kunjungi juga channel youtube saya
👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

Video : Youtube/ Catatan Anita



Ngomongin masalah kerja, kita udah paham banget bahwa saat kerja haruslah nyaman, kondusif dan tenang. Kalau ruangan kerja di kantor sudah memadai bagaimana kalau memutuskan bekerja dari rumah? Tentu harus mirip, ya bisa dikatakan mirip bukan berarti harus sama tapi setidaknya hampir menyerupai ya. Bekerja dari rumah itu membutuhkan tekad yang kuad, sekuat baja dan kemauan yang keras. Gimana gak, karena dirumah yang gak ada aturan yang seketat kantor kalau gak didasari sama niat yang sungguh-sungguh maka semua itu akan nihil hasilnya. Sebelum memutuskan bekerja dari rumah, kita harus sudah mempunyai gambaran yang jelas tentang apa yang akan dikerjakan. Jangan pernah resign jika kamu belum tau apa yang akan dilakukan selanjutya. Semua harus berdasarkan perencanaan yang matang. Berikut saya akan mengulas apa yang saja yang perlu diperhatikan jika akan merencanakan bekerja dari rumah.

1. Niat 

Siapkan niat yang kenceng dan rencana yang matang. Semua stretegi harus dijalankan dengan mengetahui step-step apa yang bakalan dilancarkan. Bekerja dari rumah dijaman sekarang bisa berbagai macam bentuknya. Jangan bilang lagi orang kalau dirumah pasti nganggur gak jelas, atau palingan ngepet atau pesugihan. hadeeeehh please deh, jaman internet sudah merubah segalanya. Dengan menguasai beberapa teknik kita mampu kok menghasilkan rupiah atau bahkan dollar dar rumah. Kan gak tau caranya, trus gimana? Ya belajarlah, anak tk yang mau pinter naik sepeda aja harus berkali-kali jatoh sampe dia lancar pakenya. Apalagi kita yang udah tau gimana caranya ngenet, nyari info sana sini, kepoin tutorial-tutorial yang berguna. Bisa diliat tuh disekitar orang cuma modal pamer sana sini, rekam sana sini bisa hasilin rupiah. Tapi kita ambil aja positifnya, kalau mereka bisa pasti kita bisa dan buang jauh-jauh cara jelek mereka buat dapetin duit. Kamu harus tau kerjaan apa aja yang sekiranya mampu kamu kerjain. Apakah copy writter, translatter, content writter, web disgn, marketing internet, freelancer, onlineshop, atau atau ngeblog. Pastiin satu aja kamu kuasai dulu trus langsung aja dimulai.

2. Rencana

Sipakan rencana berikutnya, dengan menyiapkan apa yang diperlukan. Contoh kalau kamu mau mulai jadi freelancer cari web yang bisa mengelola keahlian kamu ini. Siapkan CV dan bikin akun di situs itu supaya jika ada penawaran pekerjaan kamu bisa langsung coba. Jika mau jadi pengelola Online shop kamu bisa mencoba sebagai reseller atau dropsiper untuk permulaan. Dari situ kamu baca-baca atau cari info sebanyak-banyaknya deh gimana caranya gabung menjadi bagian dari penjualan di internet. Diawal kamu bisa lakukan mencari suplier yang ok, yang bisa di ajak kerja sama dan dapat dipercaya tentunya. Jika done, selanjutnya buka toko dengan membuka akun dibeberapa jejaring sosial seperti instagram, grup bbm, twitter, fb dan jika memungkinkan kerjasama jugalah dengan ecommerce agar memuluskan penjualan Itu jika toko online ya, nah begitupun juga dengan ambil alih profresi lainnya. Pastikan semua jalan jangan sampai kebingungan sendiri.


Baca juga :


3. Disiplin

Jika saat ngantor kita di wajibkan berpakaian rapi dan bersih, bekerja dirumahpun juga harus demikian. Ya setidaknya disiplin mandi pagi dan sore agar lebih bersemangat lalu disiplin makan pagi dan yang utama disiplin waktu bekerja. Kerja dari rumah bukan berarti semua bisa dibikin santai ya. Kita bisa dengan mudah menyelipkan waktu-waktu khususnya yang memang untuk bekerja. Kelebihannya adalah kerja di kantor membutuhkan waktu atau perjalanan saat berangkat dan pulang, sedangkan kerja dari rumah tidak. Kita hanya perlu memaintaint waktu saja berapa jam sehari yang akan digunakan untuk bekerja dan selebihnya bisa digunakan untuk keperluan lainnya. Jika di kantor kita harus mematuhih 9 jam kerja, dengan 1 jamnya adalah istirahat lalu 2 jam untuk berangkat 2 jam pulang maka totalnya dalam sehari kita menghabiskan diluar rumah 14 jam lho. Bukan waktu yang sedikit bukan, jika begitu terus kita gak bisa liat perkembangan anak lebih detail. Jika dirumah kita hanya perlu 5-6 jam aja dan gak perlu bersahabat dengan yang namanya macet. That amazing day isnt!

4. Siapkan Peralatan

Bekerja dari rumah yang 100% mengandalkan jaringan internet tentu aja membutuhkan peralatan yang lengkap. Mulai dari lapto atau komputer, wifi atau modem yang sambungannya kenceng. Jika ingin jadi bloger ini saja cukup sepertinya, tapi jika kamu memutuskan mau jadi yang lain tentu aja, peralatan seperti mesin fax, uang dan beberapa instalasi harus diurus. Jika ingin jadi reseller tentu aja modal uang harus ada, tapi kamu bisa meminimalisir dengan jadi dropship, untuk jadi dropship kamu tidak perlu harus membeli dahulu barang dari suplier kamu, tapi dengan izin suplier kamu bisa langsung memajang foto atau gambar suplier kamu dan bebas kamu jual bebas dimana aja. Oh ya dikarenakan bekerja dari rumah juga harus senyaman beekrja dikantor, maka yang harus kamu persiapkan juga adalah sudut kenyamanan. Entah di ruang tamu, ruang keluarga atau manapun bisa kamu set meja, kursi dan seperangkat laptop beserta temen-temennya. Karena gimanapun juga dengan adanya sudut kerja akan membuat kamu lebih tenang saat mengerjakan pekerjaan.

6. Gak Putus Asa

Bekerja dari rumah artinya bekerja dengan bekerja dengan limit yang kita punya. Biasa mendapat gaji dari kantor tiap bulan pasti pada awalnya gak mudah. Biasa pendapatan tetap meski sedang malas dan sekarang harus berusaha sendiri pasti gak mudah, ya memang. Disini dituntut banget buat kamu mengeksplore diri kamu, dan semua itu gak gampang guys. Grafik dengan mudahnya naik turun. Dan kerinduan akan penghasilan tetap pasti bakalan menghantui kalau udah begini, but wait seorang wanita tangguh pasti gak dengan mudah berputus asa dong. Jatuh itu memang biasa tapi yang penting adalah gimana kamu bangkitnya. Masa-masa sulit adalah masa-masa awal yang penuh dengan perjuangan. Pokoknya gimana caranya semua itu tembus sukses. Pasti itu, otak kamu akan terus mikir gimana caranya keluar dari masa sulit ini. Dengan adanya kata gimana pasti secara otomatis otak akan mencari tau jalan keluarnya dan gak berlama-lama bersedih hati.

7. Siapkan Mental

Penghasilan yang gak menetap seperti dulu pasti bakaln membuat pengaruh besar sama keuangan kamu. Yang diawal itu sampingan kini berubah menjadi utama adalah hal yang gak gampang. Yang biasanya kamu dengan gampang mengeluarkan uang untuk ini itu karena sudah ada gaji tetap tiap bulan sekarang harus dipikirkan secara lebih hati-hati jika ingin mengeluarkan uang dikarenakan kita sedang membangun bisnis atau karir baru lagi yang sangat berbeda dengan status sebagai karyawan perusahaan.

8. Tekuni

Ya apa yang dimulai maka tekunilah dan kelak kamu akan mendapatkan hasilnya. Inilah yang dilakukan interpereneur sejati, mereka gak takut jatuh dan mereka sekuat tenaga terus berusaha sampai benar-benar sukses. Jika mental ini gak kamu punya, ya berarti kamu gak ada bakat untuk menjadi bos atas diri kamu sendiri. Semua butuh niat, dimana ada niat pasti disitu ada jalan. Ya memang gak mudah membangun semua dari nol, tapi setidaknya dicoba sampai batas limit dulu. Orang-orang berhasil, merekapun mengalami jatih bangun yang gak gampang dan nyatanya mereka sekarang menikmati manisnya usaha yang mereka rintis dari nol. Makanya kata orang bijak, hanya orang rajin dan tekunlah yang bakalan berhasil, sedangkan kalau orang itu pintar tapi malas maka mereka hanya memperoleh sedikit aja kenikmatan itu.


Kunjungi juga channel youtube saya
👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇👇

Video : Youtube/ Catatan Anita



Post a Comment