10 Tips Berwisata ke Luar Negeri untuk Pemula

Picture :  Pixabay.com

Bagi kalian yang ingin berwisata keluar negeri tapi belum pernah sama sekali, harus apa dan bagaimana yang dipersiapkan. Silahkan baca tips-tipsnya berikut ya :


1. Paspor
Jika belum pernah sama sekali wisata keluar negeri, jangan lupakan hal ini. Kamu wajib punya paspor. Untuk tujuan negara yang bekerjasama dengan ASEAN visa tidak di tuntut, tapi untuk paspor harus punya dong ya..

2. Tentukan Tujuan
Sebelum jalan, pastikan mau kemana dan arah tujuannya harus ditetapkan dahulu. Jika Ingin ke Malaysia, Singapore kita cari tahu dulu, ada wisata apa aja sih disana. Agar jadwal perjalanan lancar dan tidak dipusingkan arah dan tujuan sebaiknya kita cari tahu dari internet, pengalaman teman atau  di forum-forum, tempat bagus mana saja yang untuk di datangi. 

3. Uang
Yup, sediakan uang yang cukup, sekiranya untuk berapa hari tinggal disana, biaya transportasi, makan, tempat tinggal selama disana, masuk wahana apa saja dan siapkan bajet khusuh buat oleh keluarga tercinta dan kawan-kawan di kantor. 
Oh iya, kalau tidak mau ribet, jangan lupa menukarkan uang ke money changer, agar saat disana kita gak perlu pusing2 nyari tempat penukaran uang di setiap sudut kota. Tapi sebeneranya bisa kita tarik via ATM sih, cuma biasanya di kenakan tarif per transaksinya. Ya semua terserah kamu, lebih baik tarik atm atau pke money changer.

4. Itinerary
Bepergian jauh tanpa jadwal perjalanan akan membuat bingung sendiri dan selanjutnya akan menghabiskan waktu saja buat mikirin arah dan tujuan. Jadi ya, saran saya harus buat jadwal yang jelas. Karena jika liburan ini singkat, kan sayang saja, Dengan ada jadwal kita bisa menghemat waktu-waktu yang terbuang percuma.

Picture :  Pixabay.com

5. Baca Peta
Bepergian ke negara tetangga gak usah bingung. Kenapa ? Karena banyak peta di tempat-tempat khusus, seperti bandara, stasiun dan tempat penginapan. Kamu hanya perlu pintar dalam membaca peta. Jadi gak akan kesasar deh... 

6. Tempat Penginapan
Oh ya sebelum berangkat usahakan suudah booking penginapan, jadi kamu bisa tahu penginapan itu seberapa jauh jaraknya dengan bandara, lalu didaerah manakah penginapan itu, apakah di red distrik, kawasan muslim atau di kotanya. Ya setidaknya bisa dicari tahu terlebih dahulu

7. Arah Kiblat
Jika perginya ke Singapore yang mayoritas adalah nonmuslim, maka kita harus prepare dengan aplikasi untuk mengetahui arah kiblat. sehingga ini dapat memudahkan kita bepergian kemanapun.

8. Pusat Oleh-Oleh
Bepergian jauh gak mungkin kan gak bawa oleh-oleh, nah kita bisa searching dulu nih, pusat oleh-oleh murah itu dimana aja. Kalau di Singapore kamu bisa ke Mustafa, mereka buka 24 Jam lho. Belanja di jam  11.00 PM aja suasananya kaya lagi belanja di siang  atau sore hari, asli rame banget lho guys, atau juga bisa ke china town tempat murah meriah. Dan kalau di Malaysia, bisa kamu kunjungi Petaling street market, Hanifa, Bukit Bintang.

9. Sedia Tissue Basah dan Tissue Kering
Kenapa saya masukan ini di dalam list ini, karena ini juga penting guys. Di Toilet sana tidak menggunakan air untuk bilas, Dan kita gak bisa mengandalkan tisu toilet di tempat rame gitu kan, nah jadi, kita juga harus persiapan di dalam tas tisu kering dan basah.

10. Ransel atau Koper
Bagi kalian yang baru banget ke luar dan bingung mau cari tempat penginapan gak usah bingung-bingung banyak disana di sediakan penginapan dengan dari harga murah meriah sampai versi lux. 
Untuk Yang backpaker banyak di sediakan hostel-hostel dengan harga terjangkau, tapi yang namanya hostel ya siap-siap ya berbagi dengan pengunjung lain di dalam 1 kamar. Tapi untuk Koper banyak banget hotel yang menawarkan fasilitas bagus -bagusnya lho. Tinggal di pilih aja apa versi ransel atau koper.

Semoga bermanfaat informasinya.
Happy Holiday Guys ^ ^



Post a Comment