Tips Mempersiapkan Persiapan Pernikahan Dan Detailnya

Picture :  pixabay.com

Penikahan merupakan moment yang sangat sakral, yang akan terjadi seumur hidup saja. Sang pasangan pasti sangat menanti-nanti hari H tersebut agar menjadi spesial tentunya. Segala persiapan pasti di siapkan sedetail mungkin. Mulai dari yang paling utama sampe perintilannya. Kamu dan pasangan pasti akan menjalani sesi paling ribet. Mulai dari pemilihan gedung, catering, souvenir, dekorasi, baju dan segala kebutuhannya. Dari pengalaman yang saya alami, saya akan mengulas beberapa persiapan yang perlu diperhatikan sebelum hari H dilaksanakan.

Picture :  pixabay.com

1. Pilih Tanggal Akad dan Resepsi
Pacaran atau pendekatan yang sudah cukup bagi pasangan yang sudah dewasa dan matang pasti akan memutuskan untuk naik ke jenjang yang lebih serius, dalam hal ini pasti akan dibicarakan masalah pernikahan. Pernikahan yang baik dilakukan tanpa pakasaan, tanpa ada niat karena si abcd, atau karena faktor-faktor lainnya. Saat sang kekasih menyatakan ingin meminang kamu, kamu dan ortu pasti akan bahagia dong tentunya, "akhirnya dia ngelamar gw hehee.." Dari sana akan ada ritual yang namanya lamaran. Lamaran di Indo biasanya sang keluarga lelaki akan datang bersama dengan ortu dan keluarganya dengan tujuan melamar kamu. Ritual ini selain bertujuan sebagai acara lamaran, juga sebagai ajang saling kenal antar keluarga. Kamu akan tau siapa aja sih keluarganya dan begitupun juga dia. Dari sana tanggal pun akan ditentukan kapan dan bagaimana pelaksanaanya. Ada yang tanggal akad dan resepsi dipisah dengan berharap yang penting syah dulu, resepsi nanti dipikirkan lagi tanggalnya, atau dibuat jeda beberapa bulan setelahnya. Atau bisa juga tanggal akad dan resepsi di jadikan satu aja supaya gak ribet kedepannya.


Picture :  pixabay.com

2. Pemilihan Gedung
Tanggal akad dan acara sudah, selanjutnya adalah cari gedung. Cari gedung itu susah-susah gampang. Kita harus pastikan budget kita sesuai sama gedung yang akan di pilih. Gedung yang bagus dan rame digunakan sebagai tempat acara pernikahan biasanya cepet di booking orang. Karena tempatnya strategis, nyaman, bagus dan cukup menampung para tamu. Pemilihan gedung harus kita sesuaikan juga dengan tempat tinggal, kapasitasnya dan budget tentunya. Kan gak lucu kalau tamu undangan kita 500 orang tapi kita memaksakan penggunaan gedung yang hanya menampung tamu 300 orang saja, bayangkan gimana penuh dan sumpeknya nanti para tamu. Meskipun ac dan kipas udah di taro di pojok sana sini tetap akan panas, kan kasian tamunya dong. Oh ya jangan lupa akses ke gedung usahakan yang gampang dituju, jangan sampe para tamu susah nyarinya dan untuk masuk kendaraan aja ribet. Sebenernya di gedung atau rumah itu gak masalah, yang paling penting adalah kesakralannya acara itu. Tapi jika di rumah, kita harus memikirkan tempat parkir mobil dan motor untuk para tamu harus benar-benar di tersedia. Jangan sampe lahan tetangga jadi rusak gara-gara acara pernikahan kamu.


Picture :  pixabay.com

3. Pemilihan Catering
Gimanapun juga acara pernikahan akan dibilang sukses jika cateringnya berhasil menyajikan makanan yang enak dan dan dekorasinya yang bagus. Karena dalam rangka menghormati para tamu yang datang, juga keberhasilan acara pernikahan kamu harus meilih catering yang tepat. Sebelum deal dengan dia, atau si pemilik catering pasti kita akan lakukan tester makanan dong, nah dari situ kamu bisa deh menilai enak enggaknya makananya tersebut, dan layak enggaknya nih kita pilih sebagai tim sukses di pernikahan kamu. Kalau iya, kamu bisa bicara lebih dalam dengan pihak pemilik atau marketingnya untuk memakainya di acara kamu. Tanggal berapa, dimana, berapa orang yang akan kamu undang, dan menu apa saja yang mau dihidangkan akan menjadi pertanyaan yang akan di lontarkan si pihak catering. Jika deal kamu nanti akan di undang datang di acara pernikahan orang lain yang sedang di pegang oleh catering itu, ini biasanya dilakukan pihak catering supaya lebih bisa meyakinkan kalau kamu benar-benar percaya dengan catering tersebut. Biasanya nanti kamu akan di mintakan DP di awal sebagai tanda persetujuan dengan si pihak catering. DP itu biasanya 10% dari harga yang di tentukan, dan sisanya bisa kamu bayar 2 minggu sebelum acara dimulai. Catering yang saya pernah pakai kebetulan yang mengurusi dari dekorasi pelaminan, dekorasi makan, band pernikahan, mc, salon, kursi tamu, standing frame, tarian dan segala perintilan yang akan disiapkan di hari H jadi saya gak perlu ribet dengan kesemuanya itu. Pihak catering cuma tidak handle masalah Souvenir dan kartu undangan saja. Jadi tugas kita nih hanya mencari dua bagian kekurangannya tersebut. Tapi jika salon yang direkomendasikan tidak cocok kita bisa memilih opsi menggunakan salon yang lain. Semua terserah pada selera masing-masing. Tapi  balik lagi pastikan semua disesuaikan dengan budgetnya ya guys!


4. Makeup dan Pakaian Pernikahan
Seperti di ulasan saya no.3 saya menggunakan salon yang memang bekerjasama dengan catering yang saya pilih, itu kalau saya ya. Selain menghemat pengeluaran saya jadi tidak perlu pusing-pusing mencari lagi salon lainnya. Tapi jika kamu sudah mempercayai salon lain, tidak ada salahnya tapi sebaiknya kamu informasikan ke pihak catering tadi bahwa kamu memilih saln lain yang bukan rekanannya. Pemilihan makeup dan pakaian saat pernikahan sangat penting, kenapa ? Karena yang akan menjadi raja dan ratu sehari kan kamu, bukan orang lain. Jadi kita memang harus memilih makeup profesional yang bagus. Karena di hari H tersebut kamu akan dipajang bersama kedua orang tua kamu dan dia. Jadi semua harus benar dipersiapkan secara benar-benar detail dan teliti dalam memilih salon kepercayaan. Kita juga harus sesuaikan baju dengan pihak salon. Pemilihan baju akad dan resepsi, saat fitting baju kita bisa coba dan cek ukurannya apakah baju kita nanti itu sudah sesuai dengan yang kita mau, apakah cocok selera kita dengan baju-baju koleksi si pemilik salon atau kita perlu jahit sendiri. Jika ada yang cocok, apakah baju itu ada ukurannya untuk badan kita, apakah sepatunya sudah cocok dengan baju yang akan dipakai,  apakah baju-baju among tamu sudah sesuai dan tersedia semua bagi keluarga kita nanti. Jika semua sudah mendukung berarti sudah beres yang jadi PR adalah kamu harus mempertahankan berat kamu supaya jangan sampe di hari H berat badan kamu naik atau turun. Karena untuk menggunakan baju pernikahan bagusnya adalah ukuran pas dibadan bukan kegedean atau kekecilan. Dan hal itu butuh konsitensi dalam menjaga berat badan hehe.. semangat guys!!

5. List Tamu dan Undangan
Ini adalah tahap dimana kamu harus berfikir, siapa saja yang akan di undang. Buatlah list yang rapi di excel supaya kamu bisa hitung dengan mudah berapa total orang yang kamu undang. Apakah sesuai dengan prediksi di awal. Teman TK, SD, SMP, SMU, Kuliah, kerja di perusahaan 1, 2, 3, atau mantan (Ops) apakah perlu di undang? Kalau undangan dibuat, apakah kamu sempat mengundang dengan pergi kerumahnya, atau undang saja dengan memanfaatkan media sosial supaya mengurangi biaya undangan. Semua itu bisa kamu bicarakan dengan pasangan kamu dan keluarga. Lalu untuk kartu undangan, apa perlu yang bagus dan mengkilat atau lebih meilih yang biasa dan sederhana saja. Acara pernikahan memang moment yang ditunggu, tapi keberhasilan sebuah acara tak harus menampilkan di semua bagian terlihat mewah dan mahal. Kita tidak perlu membuat kartu undangan yang mengkilat dan super keren, karena di acara pernikahan yang paling berkesan adalah makanan, dekorasi, makeup dan keberlangsungannya. Bagian-bagian lain adalah penunjang saja. Jadi menurut saya, untuk kartu undangan tidak perlu mewah tapi cukup menampilkan point-point penting dan design yang elegan agar tidak terkesan biasa dan murahan. Untuk rekomendasi tempat, kamu bisa mencari di Pasar Tebet, karena disana merupakan gudangnya para calon pengantin mencari berbagai macam design kartu undangan dengan harga yang lebih ekonomis.

6. Souvenir
Bagian ini tidak lepas dari penunjang dari keberlangsungan sebuah acara pernikahan. Setiap pasangan dengan bebas memilih souvenir seperti apa yang mereka mau, untuk menambah meriahnya suasana. Beragam souvenir ditawarkan, mulai dari gelas, tempat tisu, frame foto, magnet kulkas, toples kecil sampai yang tidak murah seperti mukena. Untuk informasi jika ingin mencari souvenir yang murah kamu bisa mengunjungi Pasar Jatinegara. Jejeran dari toko ke toko yang menjual berbagai macam koleksi bisa menjadi rekomendasi kamu untuk memilih barang yang bagaimana yang cocok buat acara kamu nanti. Kita bisa lakukan DP di awal lalu melunasi kekurangannya ketika barang tersebut seluruhnya jadi sesuai pesanan dan siap di antar ke rumah kita sesuai tanggal yang diinginkan/ mendekati acara hari H dimulai. Penjual souvenir memudahkan kita untuk bertransaksi, dengan cara ini dikarenakan meraka tau kalau pembelian ini biasanya memang dilakukan jauh-jauh hari sebelum acara penikahan dimulai Dengan cara ini penjual bisa membuat pesanan dengan santai tapi tanpa mengenyampingkan keperluan si pembeli dengan menyanggupi barang tersebut sudah ready pada waktu yang ditentukan dan siap dikirim ke rumah kita.


List tersebut adalah beberap hal penting yang perlu dipesiapkan sebelum acara paling sakral terselenggara. Semua hal tidak melulu harus sama dengan SOP, tapi setidaknya kita memiliki gambaran apa saja sih yang harus dipersiapkan dan dibutuhkan untuk keberhasilan acara pernikahan kamu.

Picture :  pixabay.com

Oh iya, sebaiknya jika ada kawan terdekat atau saudara yang bisa di mintakan tolong kamu bisa bisa mendaulatnya sebagai panitia di acara penikahan kamu. Dengan adanya panitia semua bisa lebih terstruktur tapi jika tidak ada, kamu cukup bisa mempercayai WO atau pihak catering dalam penyusunan acara pernikahan. Adanya panitia sebenarnya sangat membantu dalam terselenggaranya pernikahan tersebut, dari mc akad, mc resepsi, agar sesuai urutan acara rapi dan sesuai dengan waktu yang dijadwalkan.

Demi keteraturan dan keamanan, pastikan kamu atau orang terdekat memegang no telepon si bapak penghulu, agar saat waktunya tiba/ jam sudah waktunya ktia bisa pastikan si bapak penghulu memang datang tepat pada waktunya dan gak molor sehingga para tamu dari seluruh pihak keluarga tidak perlu menghawatirkan dengan keadaan tersebut.

Yang terkahir, berdoalah agar semua acara berjalan lancar. Agar yang di usahakan semua berjalan lancar. Karena manusia hanya bisa berusaha, tapi Allah'lah yang menghendaki. Semoga sampai hari H berjalan sesuai rencana dan tiada kurang suatu apapun. Dengan kamu beserta pasangan diberkahi terus selamanya menjadi pasangan dunia akhirat bersama. Susah senang besama dalam ikatan pernikahan yang resmi dan penuh berkah. aamiin yarobal alamiin.






Post a Comment