10 Cara Menghadapi Kebosanan, Apa Saja itu ?

Picture :  Freepik.com


Gak selamanya kalau seseorang selalu merasa seru-seru aja aktifitasnya. Pasti ada kalanya moment bosan melanda.  Entah itu karena disibukan dengan aktifitas sehari-hari yang itu-itu aja (kaya robot) atau melakukan hal yang gak disukai. Saya akan mengulas gimana sih cara ngadepin kebosanan yang melanda di depan mata.

Picture :  freepik.com

1.  Music
Saat bosan datang, kita bisa gunakan musik buat penghibur. Ya, adakalanya music membantu kita menyingkirkan rasa bosan untuk sementara, tapi setidaknya  hal ini berguna lho buat meningkatkan mood kerja lagi. Dari jaman kecil kita udah mengenal banget yang namanya musik. entah itu enak di denger atau enggak sama sekali. Ya kita tingal pilih aja musik berdasarkan favorit kita. Dengan kekuatan internet kita bisa melakukan berbagai macam hal. Kita bisa download music gratis, nyanyi-nyani dengan tinggal lirik di web yang menyediakan lirik lagu favorit, nontonin youtube, buat liat video klip artis yang lagunya lagi kita sukai. Atau yang suka karokean, bisa deh tuh coba rekaman ala aplikasi. Ini semua bisa dilakukan supaya bisa meningkatkan mood lagi. Gak haram oh, wong suara sendiri, denger sendiri kan judulnya yang penting happy, ya gak.


2. Baca Buku
Buat para cewek-cewek yang doyan baca novel atau komik bisa deh nih dijadiin selingan atas rasa bosan yang melanda. Mulai dari buku di toko buku ternama, beli di sekitaran kampus, atau toko buku bekas, sampe tempat penyewaan buku bisa dijadikan acuan buat dapetin buku atau novel, atau komik kesayangan. Gak ada yang salah dengan baca buku. Baca buku malah penting banget buat nambah ilmu pengetahuan lho. Karena buku adalah jendela dunia. Baca buku bisa di halte bis, di dalam kereta, di pesawat, saat nunggu orang, bahkan dipantai juga bisa (berdasarkan pengalaman saya yang liat bule-bule di bali berjemur sambil baca buku, padahal cuaca saat itu sedang terik-teriknya) Baca buku lebih mutu dibandingkan dengan mainin gadjet, kenapa ? padahal itu HP cuma di scrol keatas, kebawah doang biar terkesan sibuk sendiri hehee..

3. Rekam Suasana
Yang Hobby merekam bisa nih dijadiin selingan juga, dengan hobby merekamnya kan dia bisa ngilangin bosen, dan hasil rekamannya kalau bermutu ya bisa di upload ke youtube, dari Youtube malah bisa menghasilkan duit tentunya. Meskipun terkdang dianggap nyeleneh atau aneh, tapi hobby ini bermutu lho dengan catatan rekamannya positif ya dan jangan bersifat mengganggu. Merekam bisa dilakukan diluar atau didalam ruangan. Kita bisa melakukan semuanya dengan berbagai ide-ide kreatif. Misalnya ya, anda sedang di stasiun kereta yang padat kamu bisa merekam dan rekaman kamu bisa digunakan untuk menginformasikan kepada khalayak ramai di Youtube tentang berbagai situasi dan kondisi yang harus dilakukan jika berada pada kondisi yang kamu alami. Ya berbagai macam ide bisa kita gunakan untuk sesuatu yang membosankan tapi juga menjadi ide kreatif yang bisa dibagikan.

Picture :  freepik.com

4. Berbicara dengan Teman
Komunikasi adalah hal yang paling mendasar yang manusia gunakan. Setiap manusia adalah makhluk sosial jadi kita perlu itu bersosialisasi dengan teman-teman sekitar. Kamu bisa obrolin apa yang menjadi pengalaman kamu, atau sekedar sharing pendapat aja. Kadang rutinitas kerja membuat kita kaya robot yang hanya mengikuti aturan dan perintah atasan. Tapi dibalik itu kita juga bersosialisasi dengan sekitar guys.

5. Telpon
Saat kita bosan, pasti kita akan mencari cara untuk melakukan segala sesuatu agar tidak bosan. Hal yang paling umum adalah telp orang terdekat. Meskipun hanya sekedar say hello, kita setidaknya lebih lega dan menghabiskan rasa bosan yang datang sesaat. Menceritakan tentang apa yang terjadi dengan menelpon orang terdekat sesaat juga ampuh dan bermanfaat untuk kondisi psikologis kita lho.
Jadinya bisa menambah mood kerja lagi. Semangat!!

6. Bemain Game
Kalau yang ini beneran klasik, dengan kecanggihan smart phone saat ini, udah menjadi kewajiban deh tuh menginstall permainan game. Dari emang yang hobby main game di saat kapanpun sampe orang yang cuma sekedar install aja buat mematikan waktu boringnya beberapa saat. Sejauh ini main game di smart phone udah menjadi hal yang umum ya. Hal ini bisa digunakan saat tiduran dikamar, saat menunggu teman yang belum datang disaat janjian, saat pekerjaan sedang berat-beratnya atau mungkin juga di gunakan saat di toilet hehee..

Picture :  freepik.com


7. Lihat Diskonan.
Buat para penggila diskon, cara ini ampuh banget lho di ambil. Gimana enggak, saat ini udah bejibun deh tuh ya ecommerce yang ngasih diskonan gede-gedan. Kita tinggal klik dan search aja semua yang ingin dicari, dan kamu dengan mudah mendapatkan barng yang kamu mau.

8. Lihat Harga Tiket
Meski gak niat mo traveling, dengan liat-liat harga tiket pesawat itu juga mujarab hilangin bosen lho guys. Gimana enggak, kalau udah masuk web atau situs penawaran tiket pasti yang ada bawaannya pengen liburan, dan kita pasti kepoin deh tuh harga-harga tiket di season liburan yang akan datang. Dari situ dalam beberapa menit kedepan kita bakalan lupa sama yang namanya bosen, tapi yang ada kepengen cepet-cepet liburan.

9. Kepo
Untuk yang selanjutnya ini, biasanya dilakukan sama orang yang kurang kerjaan. Entah dia gak ada kesibukan atau emg cuma iseng kepo sama orang lain, sama artis terkenal, atau sama mantannya nah lho.. Jaman sekarang gak munaroh eh munafik ya kita cari informasi seseorang dengan begitu mudah.
Internet telah memudahkan segalanya. Tapi asal jangan di salah gunakan aja kemudahan ini. Entah fungsinya apa, yang jelas abis ngepoin orang pasti ada kepuasan tersendiri. Apakah itu dapet informasi berharga atau malah justru nelangsa liat perkembangan orang lain yang lebih maju dari kita hehee.. Tapi guys, pandang aja ini sebagai hal yang positif. Misalnya dengan kepo, kita bisa tahu trend lipstick terbaruyang lagi ngehits, atau kita jadi tau resep makanan yang bagus dan sehat dari tutorial chef terkenal.

10. Ngeblog.
Buat yang hobby nulis, kamu bisa menumpahkan curahan pengalaman dan cerita informatif ke dalam blog seperti saya. Hal ini selain sebagai ngilangin bosen, kamu bisa gunakan sebagai media sharing kepada khalayak umum tentang apa saja. Selain bisa bersifat informatif, kamu bisa mengekspresikan tulisan kamu ke media publik. Selama hal itu positif, maka lakukan semua dengan hati, entah esok atau nanti kamu akan mendapatkan hasilnya yang postif juga.

Post a Comment